7/17/2019

Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4 / 4A / 4X / 4 Prime

Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4, 4A, 4X, 4 prime mungkin perlu kita lakukan. Kenapa? Karena UBL (Unlock Bootloader) ini sangat dibutuhkan sebelum menjalankan TWEAK, install TWRP atau root smartphone. Kalau tidak Unlock Bootloader terlebih dahulu, tentu tidak bisa melaksanakan root, pasang xposed, tweak, TWRP dan lain sebagainya.

Cara Unlock Bootloader Redmi 4 , 4A ,4X, 4 Prime


Saat ini, smartphone Redmi 4 Series (Redmi 4, Redmi 4X, Redmi 4A, Redmi 4 Prime) benar-benar diminati masyarakat. Selain alasannya ialah harganya yang murah, varian Redmi 4 Series memang mempunyai spesifikasi yang cukup bagus. Bahkan pihak Xiaomi sendiri sudah mempunyai pabrik di Indonesia, ini terperinci menciptakan harganya semakin terjangkau.

Seperti yang kita tahu, sistem operasi Android memang memakai konsep open source sehingga semua orang bisa melihat aneka macam arahan pembuatan Android. Sangat berbeda dengan iOS milik Apple tentuya yang memakai sistem operasi tertutup (closed source). Kalau OS-nya sudah tertutup begitu, keamanannya jadi lebih kondusif dan terjaga.


 ini sangat dibutuhkan sebelum menjalankan TWEAK Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4 / 4A / 4X / 4 Prime

Kendati demikian, baik iOS dan Android juga sudah niscaya mempunyai celah untuk dihack keamanannya oleh pihak yang kurang bertanggungjawab.

Nah, bootloader ini berkaitan dengan itu semua. Bagi yang belum tahu, bootloader merupakan arahan yang wajib dihukum terlebih dahulu sebelum sistem dijalankan.

Berhubung booatloader ini berjalan sebelum OS berjalan, maka prosesor dan mainboard mempunyai bootloadernya sendiri-sendiri. Hal inilah yang menciptakan Android mempunyai develop custom ROM yang berbeda-beda alasannya ialah ada banyak sekali tipe prosesor yang digunakan.

Android memang memakai konsep opensource, namun biasanya para vendor akan mengunci bootloadernya biar memakai custom ROM yang sudah mereka sediakan.

Kalau bootloadernya dikunci, maka kita tidak bisa mengganti ROM, custom recovery atau melaksanakan root. Sangat menghambat tentunya. Maka dari itu, kita sebaiknya membuka / unblock bootloader biar bisa melaksanakan hal semacam itu.

Mari kita simak bersama!

Persyaratan dan Peralatan Unlock Bootloader Xiaomi


Sebelum melaksanakan proses unlock bootloader Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x atau 4 prime milik sobat, alangkah baiknya lihat dulu aneka macam persyaratan dibawah ini.

Kalau kita ingin melaksanakan unlock bootloader pada Xiaomi Redmi 4, 4x, 4a atau 4 prime, coba simak beberapa syarat dan ketentuan berikut ini:
  • Punya akun Xiaomi (wajib).
  • Sudah request unlock bootloader di http://en.miui.com/unlock/
  • Sudah memperoleh izin unlock bootloader melalui SMS.
  • Koneksi internet stabil.
  • Sudah punya MiFlash Unlock Tool, kalau belum punya silakan download dulu.
  • Kabel USB.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X dan Redmi 4 Prime


Kalau syarat sudah beres, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pasang ADB dan Extract MiFlash Unlock Tool yang Sudah didownload.

Kalau belum punya ADB, silakan unduh disini.

Selanjutnya, double klik atau jalankan file programnya.

Akan muncul jendela command prompt dengan latar belakang biru. Ketik saja Y, kemudian enter terus menerus hingga kurang lebih tiga kali.

Jika ADB sudah selesai diinstall, jendela command prompt akan close secara otomatis. Dengan begitu, installasi ADB sudah bisa dikatakan berhasil.

2. Buka kegiatan MiFlash Unlock kemudian login memakai akun yang sudah menerima izin untuk bootloader tadi.

3. Coba hidupkan mode Opsi Pengembang, caranya buka Pengaturan kemudian Tentang Ponsel dan tekan Build Number sebanyak tujuh kali. Kalau sudah dilakukan, mode Developers options berarti sudah aktif.

4. Selanjutnya, aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking pada smartphone Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x atau 4 prime kesayanganmu. Silakan buka Pengaturan > Opsi Pengembang > Hidupkan Android Debugging dan Enable the OEM Unlocking.

Kemudian jikalau di Developers options tadi ada sajian Mi Unlock Status, klik opsi tersebut kemudian pilih Tambahkan Akun dan Perangkat.

Seandainya pada Opsi Pengembang ada sajian Mi Unlock Status, ketuk pilihan itu dan ketuk Tambahkan Akun dan Perangkat.

5. Masuk ke situs i.mi.com kemudian pilih Find Device. Di sini, jangan lupa aktifkan Find Device pada Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x atau 4 prime dengan cara masuk ke Pengaturan > Akun Mi > Temukan Perangkat.

6. Selanjutnya, matikan Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x atau 4 prime milikmu dan hidupkan kembali untuk masuk ke mode Fastboot. Caranya, silakan tekan dan tahan tombol volume bawah + tombol power secara bersamaan hingga muncul logo fastboot.

7. Kalau sudah masuk fastboot, coba sambungkan Xiaomi Redmi 4, 4x, 4a atau 4 prime milikmu ke laptop/komputer memakai kabel USB. Setelah itu, buka MiFlash Unlock dan ketuk Unlock. Terakhir, tunggu hingga proses unlock bootloader selesai.

Beberapa Penyebab Gagal Unlock Bootloader Xiaomi


Setelah menjajal cara unlock bootloader Xiaomi di atas, mungkin ada beberapa dari kita yang mengalami kegagalan. Mengapa bisa terjadi? Tentu ada faktor penyebabnya, beberapa diantaranya mungkin ini:

1. Masalah pada Driver ADB

HP Xiaomi yang tidak terdeteksi mungkin dikarenakan tidak ada driver ADB atau driver tersebut tidak terpasang dengan baik. Hal ini kerap terjadi jikalau ketika proses installasi, kita tidak sabar menunggu hingga selesai.

2. Belum Request Unlock Bootloader

Berbeda dengan vendor lain, smartphone Xiaomi mewajibkan penggunanya untuk meminta unlock bootloader terlebih dahulu jikalau ingin melaksanakan unlock bootloader. Cara melakukannya bahwasanya mudah, cukup daftar saja di http://en.miui.com/unlock/.

3. Izin Belum Keluar


Selain mengharuskan pengguna untuk request terlebih dahulu, Xiaomi juga membutuhkan izin terlebih dahulu sebelum melaksanakan unlock bootloader di Xiaomi Redmi 4, 4a, 4x atau 4 Prime.

Izin ini bisa didapatkan melalui SMS yang berasal dari Xiaomi, jadi gunakan data yang orisinil dan masukkan nomor hp aktif.

4. ROM Global

Sebagian pengguna mungkin akan mengalami error “Couldn’t Verify Device” dikarenakan masih memakai ROM Global.

Solusinya? Coba ganti ROM Global ke ROM Developer China, sehabis itu lakukan unlock bootloader.

5. Tidak Tersambung Internet

Melakukan unlock bootloader biasanya memerlukan kanal internet. Kalau unlock bootloader Xiaomi gagal, mungkin penyebabnya alasannya ialah hal ini. Jadi, pastikan PC/Laptop yang dipakai terhubung dengan internet.

6. Unlock Bootloader Sudah Pernah dibuka

Kemungkinan lain penyebab unlock bootloader Xiaomi gagal yaitu alasannya ialah smartphonenya sudah pernah unlock bootloader sebelumnya. Jika ingin membuka lagi, silakan tunggu 1 bulan terlebih dahulu.

Itulah beberapa langkah untuk unlock bootloader Xiaomi Redmi 4 / 4a / 4X atau 4 Prime dengan praktis. Semoga beberapa cara di atas berhasil ya teman-teman, namun tentu kami tidak menjamin bahwa tutorial ini 100% berhasil di perangkat teman-teman. Mungkin ada penyebab lain yang menjadikan unlock bootloader Xiaomi gagal.

Silakan dicoba!

Artikel Terkait