10/09/2019

✔ Aplikasi Android dari Internal Memory ke SD Card dengan Link2SD

Karena banyak yang tanya ya sekarang saya buatin deh tutorialnya cara memindah aplikasi dari Internal Memory ke external memory seperti SD Card.

Perhatian: Untuk yang sudah memakai Android 2.2 Froyo keatas hal ini adalah antara perlu dan tidak perlu. kenapa? karena untuk Android Froyo, Android 2.3 Gingerbread, Android 3.0 Honeycomb Android 4.0 Ice Cream Sandwich atau mungkin diatanya sudah support installasi aplikasi SDCard, jadi mungkin sudah tidak perlu khawatir lagi bahwa space memory internal habis. TAPI, mungkin bagi yang maniak install sembarang aplikasi semua diinstall (hehe siapa yang ngerasa hayoo) mungkin tetap memerlukan ini.



Okelah mungkin ada pertanyaan:
Android 2.2 keatas kan udah support install ke SDCard, lalu bedanya kita nginstall Link2SD apa ya?
nah begini... Ada aplikasi API yang digunakan pengembang mungkin menggunakan API yg lama untuk alasan compatibilitas,  Jadi PASTI ada aplikasi yang hanya bisa diinstall di internal memory, dan tidak bisa dipindah ke SD Card. dengan Link2SD bisa kia pindah secara "paksa" dari internal memory ke SD Card

UPDATE:
Link2SD yang terbaru tanpa mempartisi SD Card ternyata bisa untuk android 2.2 keatas :)

Sudah panjang lebar nih penjelasannya. hehe mari kita mulai tutorial cara menginstallnya

Persiapan:

    Sudah baca penjelasan diatas? Kadang-kadang para pembaca nggak mau baca penjelasan dulu, penting lho baca penjelasan diatas dulu :)
    SD Card tentunya, masak nggak punya SD Card?
    Komputer / Laptop
    Software partisi untuk mempartisi SD Card salah satunya :  Mini Partition Wizard
    Android HARUS sudah diROOT
    Mental yang kuat (hehe kayak mau ngapain aja)


Sudah siap? oke kita mulai.

    (tambahan hehe) baru san tau, ternyata kalo dengan membuat partisi ke 2 bisa lebih optimal untuk jelasnya nanti bisa dibaca bedanya Apa bedanya Move to SD Card dengan Create Link???? dibawah tulisan ini.
    Untuk android 2.2 keatas, partisi SD Card nggak wajib jadi bisa melewati proses backup data :)
    Backup dulu ya data2nya yang ada di SD Card ke PC Komputer atau Laptop, karena kita harus mempartisi dulu menjadi 2 partisi sebelum menginstall Link2SDnya.
    Untuk membackup aplikasi bisa dengan cara seperti ini
    Setelah dibackup, partisi SD Card menjadi 2, Untuk file System partisi pertama pake FAT/FAT32 untuk partisi ke 2 bebas bisa ext2,ext3,ext4, FAT juga bisa. inilah kelebihan dari Link2SD. untuk stock ROM direkomendasikan partisi ext2. partisinya primary semua ya. jangan ada logical partisi
    Untuk besarnya partisi direkomendasikan Partisi pertama adalah yang lebih besar, karena itu untuk file penyimpanan seperti biasa, partisi kedua adalah untuk sistem, jadi seperlunya saja, rekomendasinya partisi1 : partisi2 = 1:3 atau 2:3 sudah cukup :) saya sendiri partisi 512MB sudah sangat cukup (tergantung kebutuhan sih).
    setelah dipartisi, masukkan SDCard ke Android. biarkan SDCard terbaca lebih dahulu,
    Sekarang tinggal install Link2SD install versi terbaru dari android market. jika minta restart. restart dulu.
    Setelah restart buka kembali Link2SD pilih jenis partisi yang sama saat kita mempartisi SD Card partisi yang ke 2. Kalo belum bisa atau minta restart lagi ya direstart lagi..
    Kalo sudah bisa selamat ya.. tinggal yang terakhir kembalikan data-data yang sudah di backup ke komputer

Nah sekarang kita bisa bersuka ria memindah aplikasi dari internal memory ke SD Card atau sebaliknya!

perlu diketahui istliah di Link2SD:

    Move to SD card : memindah aplikasi dari internal memory ke SD Card
    Create Link : membuat link ke partisi 2, atau bisa dibilang aplikasi pindah ke SD Card partisi ke 2 (recommended)
    Remove Link : menghapus link, kembali ke internal memory.

Apa bedanya Move to SD Card dengan Create Link????

    Move to SD akan pindah ke SD Card biasa, SD Card yang berguna sebagai penyimpanan, sedangkan Create Link akan pindah ke partisi ke 2, seolah-olah sistem membaca aplikasi seperti di internal memory namun sebenarnya di link kan ke partisi 2
    Move to SD tidak akan didapat di Android 2.1 kebawah karena memang sistemnya yang tidak mendukung penginstallan ke SD Card.
    (update) setelah baca di http://www.link2sd.info/faq disana lengkap. android 2.2 sudah support native apps2sd, tapi yang pindah file apk saja untuk android 2.2 dan 2.3 keatas apk + lib files. sedangkan menggunakan link2sd create link, yang pindah app+lib+dex, sehingga bisa lebih menghemat lagi internal memori.

untuk data aplikasi tetap ada di memori internal, jadi tetap ada bertambahnya internal memory pemakaian setelah menginstal aplikasi.
Sumber http://sekawan-servis-electronic.blogspot.com/

Artikel Terkait