10/09/2019

✔ Cara buat PLL Exciter MC145151




Exciter memiliki fungsi memberikan suara, stabil rendah, frekuensi sinyal RF dipilih, memodulasi dengan sinyal multipleks disediakan oleh dewan audio, dan memperkuat ke output daya dikendalikan cukup untuk drive power amplifier. Exciter saya menggunakan frekuensi PLL synthesizer, yang meliputi band FM di 100kHz langkah. VCO hanya mencakup beberapa MHz tanpa penyesuaian, mengakibatkan kebisingan yang rendah. Modulasi dilakukan secara independen kontrol frekuensi, dan dengan pertimbangan khusus untuk kebisingan rendah. Daya output terkendali dari nol sampai 4 watt. Sebuah detektor PLL membuka dimasukkan, untuk mematikan pemancar dalam hal kerusakan.
please visit disini juga ya darwys-electric
Perapian exciter adalah Colpitts VCO. Hal ini didukung dari regulator 9V lokal, dan memiliki frekuensi dikendalikan oleh dua back-to-back varactors, sehingga memuat minimal dan dengan demikian fase ultra rendah kebisingan. Sebuah contoh dari sinyal VCO dibagi jatuh oleh sebuah IC prescaler dan diterapkan pada chip PLL, yang mendapat referensi dari sebuah kristal kuarsa custom made dan membaginya ke 6250 Hz. Frekuensi diatur dalam mode biner oleh sebuah saklar dip sepuluh arah, yang mengontrol pembagi diprogram utama. Jika PLL terkunci, Q1 switch pada output yang harus digunakan untuk menonaktifkan power amplifier. Detektor fase output dari chip PLL disaring dan tingkat-bergeser oleh op amp, untuk disuntikkan ke dalam varactors kontrol frekuensi dari VCO.
Sinyal modulasi diterapkan pada varactor terpisah, yang bias berjalan dalam rentang linier yang cukup, dan yang terpisah dari rangkaian kontrol frekuensi, itu tidak terpengaruh oleh tegangan PLL. Semua kopling tegangan sinyal dan kontrol dilakukan melalui choke, bukannya induktor, untuk mendapatkan noise yang lebih rendah. Bandwidth dari input modulasi cukup luas tidak hanya untuk stereo, tetapi juga untuk memungkinkan penambahan kemudian sinyal subcarrier utilitas (SCA).
Output dari VCO melewati tahap pengikut emitor penyangga, kemudian melalui disetel kelas luas Sebuah penguat, diikuti oleh seorang sopir kelas B dan kelas C penguat daya, yang menggunakan media-Q pencocokan impedansi jaringan disetel. Kedua tahap terakhir yang didukung dari input terpisah, sehingga daya keluaran dapat dikendalikan dari nol sampai 4 W dengan menyesuaikan tegangan ini dari nol sampai 15V. Tujuannya adalah menggunakan fitur ini untuk mengontrol dorongan otomatis dari tahap akhir, dan perlindungan dari pemancar tersebut.
Perhatikan bahwa output dari modul ini tidak memiliki cukup penyaringan harmonik untuk terhubung secara langsung ke antena. Jika Anda ingin menggunakan exciter ini sebagai pemancar daya yang berdiri sendiri yang rendah, Anda harus menambahkan low pass filter.
Exciter dibangun pada PCB bersisi ganda, yang memiliki sisi kiri atasnya tembaga sebagian besar tidak terganggu sebagai pesawat tanah. Tembaga dihapus hanya sekitar non-ground pin. Hubungan tanah yang disolder di sisi atas, jadi tidak perlu memiliki berlapis-melalui lubang-lubang.
Gambar ini menunjukkan dua sisi dari PCB, sehingga Anda dapat mencetak dan lipat di tengah untuk melihat bagaimana dua bagian sejajar. Anda akan memiliki untuk membalikkan gambar untuk mencetaknya untuk membuat papan, sehingga tinta bisa masuk kontak dengan tembaga.
Ini PCB ini dilengkapi dengan perisai disolder di sekitar dan antara tahap, di kedua sisi papan. Mereka yang terbaik diinstal sebelum mengisi itu.
Dan ini adalah bagaimana exciter dirakit terlihat! Anda mungkin melihat bagian mesin aluminium yang membungkus transistor output. Saya membuat di bubut hobi saya. Ini adalah cara yang agak canggih untuk menghubungkan TO-5-casing transistor ke heat sink eksternal! Sebuah braket sederhana akan bekerja juga. Ide awal saya adalah untuk berdiri di tepi modul ini pada chassis atau dinding lemari, untuk menggunakan bahwa sebagai penyerap panas. Pokoknya, sirkuit yang efisien sehingga transistor hampir tidak membutuhkan heatsink tambahan sama sekali! Aku menguji semua tanpa menambahkan sesuatu yang lebih dari apa yang ditampilkan di sini.
Banyak bagian-bagian datang dari peralatan dibuang. Itu termasuk pemangkas dan tersedak mencelupkan. Namun bagian yang kompatibel yang tersedia baru. Kristal dibuat oleh Kristal Januari Untuk memesan itu, menentukan frekuensi 6,4000 MHz, modus fundamental, paralel resonansi, 30pF kapasitansi beban, HC-49 pemegang, dengan rating temperatur, stabilitas dan toleransi standar.
Output terhubung melalui soket BNC. Semua koneksi lain melalui kapasitor feedtrough. Perisai ini dilengkapi dengan push-on cover, terbuat dari bahan yang sama digunakan untuk dinding perisai yang ditampilkan di sini. Ini tidak lain dari kaleng kopi, dipotong terbuka dan diratakan! Beberapa cokelat dan cookie juga datang dalam kaleng yang cocok!
Alignment dari sirkuit ini tidak sulit. Pertama, Anda mengatur semua pemangkas untuk mid range dan program frekuensi. Untuk tugas ini, Anda cukup menambahkan bobot saklar: Saklar paling signifikan menghasilkan 100kHz, 200kHz menambahkan kedua, yang 400kHz berikutnya, dan seterusnya, sampai kedelapan, yang menambahkan 12,8 MHz. Kesembilan sebenarnya menghubungkan ke dua masukan dari chip PLL, sehingga menambah 76,8 MHz, dengan beralih kesepuluh menambahkan 102.4MHz. Untuk menghitung saklar untuk pengaturan frekuensi yang diberikan, Anda cukup menguraikannya menjadi komponen biner, dan mengatur switch yang tepat. Perhatikan bahwa switch yang ON TIDAK menambah kontribusi frekuensi! Sebagai contoh, jika Anda ingin mengirimkan pada 96,5 MHz, Anda akan menetapkan switch 9, 8, 7, 3, dan 1 ke OFF, yang lain ke ON. Berbagai frekuensi bisa anda atur di synthesizer meliputi seluruh band siaran FM dan agak sedikit lebih, tapi sisa sirkuit dirancang hanya untuk band siaran.
Sekarang Anda harus menghubungkan power supply 15V ke input daya utama saja, dengan voltmeter pada keluaran U3, dan frekuensi counter pada para kolektor Q4. Jika Anda mendapatkan frekuensi yang benar, Anda sedang beruntung besar dan harus pergi dan bermain lotre! Biasanya VCO akan keluar dari jangkauan penangkapan. Jika voltmeter membaca sekitar 14V, berarti frekuensi terlalu rendah. Jika membaca mendekati nol, itu berarti frekuensi terlalu tinggi. Penghitung frekuensi harus setuju dengan hal ini. Anda perlu menyesuaikan frekuensi pusat VCO untuk membawa ke dalam jangkauan. Untuk tugas ini Anda memiliki dua poin penyesuaian: Salah satunya adalah C20, yang lain adalah membungkuk L4! Biasanya pemangkas saja tidak memberikan jangkauan yang cukup, sehingga merasa bebas untuk menekuk koil. Bila Anda telah disesuaikan VCO kasar yang tepat, PLL akan mengunci, dan Anda akan mendapatkan frekuensi keluaran yang stabil, sangat dekat dengan yang Anda inginkan. Sesuaikan L4 dan C20 sehingga voltmeter membaca sekitar 9V. Seperti varactor tegangan yang relatif tinggi yang nyaman untuk kinerja noise terbaik, karena itu membuat varactors memasuki konduksi di puncak RF. Idealnya Anda harus menyesuaikan kumparan sehingga pemangkas sudah dekat dengan pusat rentang tegangan pada 9V. Ini akan memberikan Anda koreksi termudah nanti.
Sekarang Anda dapat mengatur kristal referensi ke frekuensi yang tepat, dengan menyesuaikan C12 sehingga frekuensi pada konter ini persis yang benar.
Mari kita pergi ke tahap daya: Hubungkan power meter RF dan 50 ohm dummy load untuk output, dan menerapkan beberapa volt ke input tegangan variabel. Sesuaikan C28, C32, C37 dan C38 untuk daya tertinggi. Jika Anda kehabisan rentang pemangkas apapun, benar bahwa dengan menekuk kumparan terhubung ke: L5, L7, L11, L10. Sekarang meningkatkan tegangan dan meretus pemangkas ini. Anda harus mendapatkan output 4 sampai 5 watt pada tegangan suplai 15V.
Untuk menghindari suara microphonic, setelah menyelesaikan penyesuaian, Anda harus segel kumparan osilator, dan mungkin terlalu kumparan udara lainnya luka, dengan lilin lebah atau beberapa bahan yang cocok lainnya. Sedikit penyesuaian pemangkas mungkin diperlukan setelah itu.
Sekarang Anda dapat menghubungkan audio ke papan exciter. Terapkan sinyal 1kHz kepada Dewan audio (baik saluran yang terbaik), cukup kuat untuk mendorong papan ke membatasi moderat, dan menyesuaikan R68 pada port audio untuk mendapatkan + / - 75kHz penyimpangan. Jika Anda tidak memiliki meter deviasi, Anda bisa mendekati oleh hooking lingkup ke output audio penerima FM, tuning ke beberapa stasiun lokal, perhatikan tingkat audio yang dihasilkan oleh mereka, dan kemudian tune ke pemancar Anda dan mengatur deviasi untuk mencocokkan tingkat itu. Tapi sistem ini sangat tidak tepat. Hal terbaik untuk mendapatkan atau membuat meter deviasi nyata.
Jika Anda pernah ingin mengubah frekuensi, Anda harus memprogram ulang switch kemiringan dan kemudian meretus semua pemangkas, dan mungkin kumparan, kecuali untuk C12, yang hanya harus memerlukan retouching setelah beberapa tahun, ketika kristal telah berusia.
Sumber http://sekawan-servis-electronic.blogspot.com/

Artikel Terkait