10/07/2019

✔ pemasangan audio mobil di sragen

Untuk sobat pecinta audio yang suka jedak jeduk di dalam mobil biar gak boring
di sini solusinya :

: HANYA DI
: SEKAWAN SERVIS ELEKTRONIK ?
Barat Lapangan Taraman Rt 4b Sidoharjo Sragen.

Mari kita bahas pemasangan.

proses instalasi audio mobil untuk stereo sound system.Terdiri dari perangkat power amplifier, speaker split, subwoofer 12″.
untuk proses instalasi audio mobil system tersebut,
berikut tutorialnya:
1.  HEADUNIT / di kenal dvd, mp3
di kerjakan oleh mas joko

       



2. Instalasi power amplifier

power amplifier, terdiri dari 4 chanel, chanel front, untuk speaker split, chanel Rear untuk Subwoofer, terminal Accu, Ground dan kabel Remote.Hubungkan kabel Plus langsung ke catu daya sumber arus listrik Accu, dan Kabel ground ke chasis body, amplas terlebih dahulu chasis body kendaraan, hubungkan kabel remote ke head unit, fungsinya untuk mematikan power saat head unit dalam posisi off. Terminal kabel Font untuk dikoneksikan ke speaker, dan terminal Rear untuk Subwoofer, Amplifier memiliki Outpur RCA, Front untuk Speaker dan Rear untuk Subwoofer. untuk kabel Subwoofer, biasanya pemasangan di bridge.supaya daya power menjadi lebih besar.Koneksikan kabel RCA ke head unit, pada headunit terdapat Rca, output front untuk membunyikan speaker, dan Rear RCA untuk subwoofer.


        

3. Instalasi Speaker Split

Speaker split.terdiri dari komponent elektronika, terdiri dari pasive crosover dan sepasang tweeter. masing masing terminal pada crosover, difungsikan untuk koneksi ke amplifier, terminal untuk mid range, tweeter, dan input, peletakan crosover, biasanya di sembunyikan di dalam dashboard atau konsul. hubungka terminal mid range. ke kabel speaker, terminal tweete, dan koneksikan terminal input, ke amplifier.pasang dudukan speaker dengan kayu, supaya lebih rigid,letakan posisi tweeter di pilar dashboard sebelah kiri dan kanan atur posisinya, untuk mendapatkan staging yang pas ke arah pendengar. karena tweeter berfungsi untuk merepro nada tinggi. sehingga frekuensi suara sangat terasa saat mendengarkan musik.

       

4. Instalasi Subwoofer mobil

Subwoofer, membutuhkan box yang telah di sesuaikan dengan pabrikan pembuatnya, Subwoofer menggunakan box type sealed, model box ini cukup simple dalam penempatan di kabin mobil, karena ukuran kubikasi volume lebih kecil, dikisaran 1,3- 1, 8 cu feet. dibandingkan box type ported, yang memiliki kubikasi volume yang besar, Subwoofer single voice coil membutuhkan daya yang lebih kecil dan Double coil.umumnya digunakan untuk sound system audio mobil daily use. dan dapat didriver dengan amplifier 4 chanel.Untuk kabel subwoofer, dikoneksikan ke amplifier terminal Rear. setelah semua selesai, periksa kembali, semua kabeel yang telah di pasang autur crosover Hpf dan LPF serta gain level untuk mendapatkan kualitas paket audio mobil sound quality yang anda inginkan. jangan samapi kabel RCA terlalu dekat dengan kabel Accu, dapat menimbulkan storing dan noise yang cukuop menggangu, karena suara mesin akan masuk ke kabin kendaraan anda.






Sumber http://sekawan-servis-electronic.blogspot.com/

Artikel Terkait